Thursday, November 20, 2014

Tips Mengatasi Kelelahan Fisik dan Mental

Tips Mengatasi Kelelahan Fisik dan Mental

Kelelahan ada dua macam, yaitu kelelahan fisik dan mental. Kelelahan dikarenakan sebuah keadaan yang monoton, kurang tidur, lingkungan kerja yang kurang kondusif, penerangan dan bising yang tidak sesuai, keadaan kejiwaan (tanggung jawab, kekhawatiran/konflik diri dan keluarga), kurang gizi, anemia. Dengan keadaan ini biasanya akan membuat kita malas untuk melanjutkan pekerjaan yang sebenarnya biasa saja. Namun karena sudah merasa bosan karena sebab tersebut, menyebabkan kita menghentikan dan kegiatan yang sedang kita lakukan.

Pada beberapa kasus yang ada masalah kelelahan ini menandakan kita sedang terjangkit suatu penyakit. Diantara penyakit yang biasa ditandai dengan kelelahan adalah seperti penyakit gula, penyakit jantung, kanker, dan influenza, biasanya akan timbul gejala kelelahan juga. Sehingga apabila kita sering sekali mengalami kelelahan padahal tidak melakukan pekerjaan yang berat, harus hati-hati terhadap kemungkinan penyakit yang menyerang.

Untuk beberapa masalah terkait kesehatan yang anda alami seperti halnya letih, lesu baik yang diakibatkan oleh pikiran atau kelelahan badan, harus kita pahami indikasi apa yang sedang datang pada tubuh kita. Dan  apa yang harus kita lakukan bila sering mengalami kelelahan, berikut ini tips sederhana yang bisa kita lakukan :

1. Perbanyak istirahat, menata ulang pikiran, rekreasi, menyalurkan hobi positif. Minum segelas teh hangat/secangkir kopi cukup ampuh mengusir kelelahan mental.
2. Rutin berolahraga ringan setiap pagi. Melakukan peregangan/relaksasi juga dapat memperbaiki sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.
3. Sarapan pagi untuk memenuhi kebutuhan kalori untuk otot dan otak.
4. Biasakan tidur teratur dan cukup. Gunakan waktu istirahat untuk bersantai.
5. Perbanyak minum air putih. Sistem sirkualsi dan metabolisme di tubuh akan lebih baik bila kita cukup mengkonsumsi cairan. Zat buangan sisa metabolisme, hormon negatif, bakteri dan racun akan lebih cepat dibuang melalui keringat dan urin.
6. Nikmati humor dan tertawa. Bisa dengan membaca buku tentang humor atau berkelakar bersama teman sekerja. Akan lebih mudah menghadapi pekerjaan dengan senyum ketimbang dengan gerutu.
7. Rekreasi bersama teman atau keluarga.
8. Kelelahan ternyata dapat dikurangi juga dengan massage refleksi atau sauna. Terapi ini efeknya adalah melancarkan sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.
9. Ini yang disepelekan namun sangat penting jika anda sudah dirumah, yaitu cobalah untuk melakukan obrolan kecil dengan istri atau anak, bercengkrama dengan mereka juga dapat menghilangkan kelelahan badan atau otak anda. Cobalah untuk mengajak anak bermanin kuda-kudaan atau godain istri anda, tentu disamping membuat mereka senang akan membuat anda lebih rileks.

Bila sering mengalami kelelahan yang disertai keluhan lain, seperti pusing, jantung berdebar, dan badan gemeteran, segeralah konsultasi ke dokter, karena bisa jadi keluhan yang anda rasakan adalah sebuah penyakit dalam yang butuh permeriksaan lebih lanjut. Jangan biarkan sampai mengalami kondisi yang lebih parah lagi.

Beberapa cara mengatasi masalah dan kelelahan diatas hanya sementara jika ternyata ada masalah lain yang mengganjal dalam fikrian dan hati anda. Karena bisa saja kita capek karena fikiran dan hati yang selalu mengganjal. Untuk hal ini cara mengatasinya hanyalah dengan menerima semua dengan lapang dada dan bersyukur atas nikmat yang kita terima. Walaupun harus dengan latihan yang tidak mudah untuk dilakukan dan terus dicoba dengan terus menerus. Semoga semua penyakit yang saat ini anda alami akan segera reda dengan menerima semua yang kita alami dengan lapang dada ikhlas untuk berbuat dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat untuk diri penulis dan sahabat yang membaca tulisan ini sebagai motivasi untuk selalu berfikir positif dengan apa yang ada. Mohon dishare untuk sahabat yang lain semoga bermanfaat juga untuk mereka.

No comments:

Post a Comment